Revival of Queen Leyak, Visual Novel Karya Anak Bangsa

BnK Team, developer indie asal Indonesia saat ini sedang menggalang dana diKickstarter.com. Mereka hendak mengembangkan visual novel atau game yang bertajukBunka no Kenkyū -Revival of Queen Leyak (atau disingkat RoQL).
Visual novel bergenre thriller, drama romantis, dan supernatural ini bertutur tentang petualangan seorang remaja Jepang, Tetsuo Kobayashi. Ketika ayahnya yang merupakan ahli sejarah dari Universitas Kyoto bertugas di Bali, ia dan adiknya ikut pindah ke Indonesia.
Revival of Queen Leyak JOI IMG01
Belakangan, Tetsuo baru tahu kalau ayahnya sedang meneliti lontar sihir milik Calonarang, ratu leak yang konon hanya hidup di cerita rakyat masyarakat Bali.
Bukannya ketakutan, Tetsuo malah mengajak teman-temannya di klub budaya untuk ikut berburu sisa lontar tersebut. Keputusan itulah yang kelak disesalinya. Ia terlambat tahu, bahwa leak ternyata bukanlah mitos.
RoQL dikembangkan oleh talenta-talenta muda Indonesia yang telah memiliki nama di bidang masing-masing, antara lain Brahmanto Anindito (novelis thriller), Antares69 aliasVicky Bawangun (ilustrator background), Judo ユフォリア (character designer dan CG),Villyane (CG), Days of Glaze (composer), dan beberapa staff lainnya.
Revival of Queen Leyak JOI IMG02
Untuk membawa game berlatar Bali ini go international, BnK juga menggandeng DEVGRU-P. Sebelumnya, developer game asal Amerika Serikat itu telah sukses dengan visual novelPanzermadels: Tank Dating Simulator dan Stay! Stay! DPRK.
Sekadar informasi, visual novel adalah game digital berbasis cerita yang memiliki beberapa percabangan alur. Akan ada beberapa ending cerita yang sepenuhnya tergantung dari pilihan pemainnya di setiap percabangan. Begitu pula RoQL.
Di samping cerita, gambar-gambar indah bergaya manga/anime (komik atau animasi Jepang) akan memanjakan mata pemain/pembaca Revival of Queen Leyak.
Revival of Queen Leyak JOI IMG03
Tapi, kenapa tidak menggunakan gaya murni Indonesia sekalian?
“Kami sengaja memilih style Jepang, termasuk untuk tokoh, judul, dan musik, agar bisa diterima di pasar visual novel yang didominasi penggemar berat gaya seni Jepang. Bagaimanapun, ini adalah produk komersial yang perlu dibeli orang, bukan?” kata Dhaeza, mahasiswa Universitas Indonesia, yang menjadi Project Leader dari BnK Team.
Game berbahasa Inggris ini juga akan diiringi lantunan musik yang sesuai mood cerita. Harapan Dian, sebagai Co-Founder BnK Team, “Visual novel berdurasi 10 jam lebih ini bisa membawa Anda menuju lebatnya hutan Bali yang penuh misteri dan menguras adrenalin!”
Di sisi lain, bila diamati dari karakter tokoh-tokohnya, game Revival of Queen Leyak juga menjanjikan drama romantis yang manis di balik nuansa petualangannya yang mendebarkan itu.
Revival of Queen Leyak JOI IMG04
Detail mengenai game RoQL bisa diintip di KickStarter . Anda dapat mendukung mereka secara finansial (donasi mulai dari 5 dolar). Atau mem-vote di Steam GreenLight . Atau setidaknya, Anda bisa membantu menyebarkannya melalui media-media sosial, supaya semakin banyak yang tahu tentang visual novel ini.
Bila jumlah dana minimal, yaitu 6.000 dolar, tercapai di KickStarter pada 2 September 2016, BnK Team akan mulai intensif menggarap game ini. Lalu pada kisaran Maret 2017, para donatur dengan nilai donasi minimal 10 dolar sudah akan mendapatkan game-nya.
Mari dukung karya anak bangsa ini untuk terwujud di pasar dunia!
Source : Jurnal Otaku

Subscribe to receive free email updates: