Karena Kesulitan Keuangan, Studio Anime 'Artland' Dinyatakan Bangkrut

KompasAnime.com - Hal ini dilaporkan bahwa studio anime Artland ditutup karena kesulitan keuangan. Menurut Perusahaan riset pasar dan kredit Teikoku Databank , studio anime memperoleh hutang sebesar 298 juta yen ($2,62 juta) sejak Desember 2016. Artland berhenti beroperasi pada tanggal 30 Juni dan akan melalui proses pasca operasi untuk menyelesaikan sisa hutang mereka.
Karena Kesulitan Keuangan, Studio Anime 'Artland' Dinyatakan Bangkrut
Studio Artland
Artland adalah studio favorit penggemar yang didirikan pada tahun 1978 oleh sutradara Noboru Ishiguro. Studio ini membangun reputasi awal sebagai produser bersama pada beberapa judul sci-fi anime terbesar, yang mencakup Super Dimension Fortress Macross, Megazone 23, dan Legend of the Galactic Heroes.

Kebanyakan penggemar modern paling tahu Artland memproduksi adaptasi Mushishi dan Katekyo Hitman Reborn! Dengan produksi Mushishi, studio tersebut mendapatkan reputasi untuk mengutamakan "kualitas" di garis depan karya mereka. Proyek anime terakhir Artland termasuk Demon King Daimao, Senran Kagura, dan Sin: The 7 Deadly Sins.

Menurut Teikoku Databank, pendapatan tahunan Artland mengalami penurunan tajam antara 2013 sampai 2016. Dalam periode tiga tahun, pendapatan mereka naik dari 260 juta yen ($ 2,29 juta) menjadi 21 juta yen ($ 184.000). Teikoku Databank menyatakan bahwa meskipun seri Mushishi menjadi hit, biaya outsourcing akan mengurangi keuntungan. Dilaporkan bahwa hampir 90% produksi Artland dioutsourcing.

Sumber : Goboiano

Subscribe to receive free email updates: