Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

7 Rekomendasi Anime Mirip Fruits Basket

7 Rekomendasi Anime Mirip Fruits Basket

Fruits Basket merupakan anime shoujo romance yang diadaptasi dari manga karya Natsuki Takaya. Untuk ceritanya, Fruits Basket berfokus pada gadis Tohru Honda, seorang tunawisma yang kemudian diajak teman kelasnya, Yuki Souma untuk ditinggal dirumahnya.

Disana, Tohru mulai mengenal anggota keluarga Yuki. Namun, dia tidak menyadari bahwa mereka terkena kutukan; ketika mereka memeluk lawan jenis, mereka berubah menjadi binatang dari zodiak cina.

Untuk animenya, Fruits Basket awalnya pernah ditayangkan pada tahun 2001 yang digarap oleh studio Deen. Dan di 2019 kemarin, pihak Studio TMS Entertainment berinisiatif untuk membuat versi remake dengan plot cerita dan grafis yang lebih menjanjinkan.

Jika kalian mencari anime yang mirip dengan Fruits Basket, kalian bisa cek daftar dibawah.


1. Kamisama Hajimemashita (Kamisama Kiss)

Kamisama Hajimemashita (Kamisama Kiss)

Kamisama Hajimemashita adalah salah satu rekomendasi anime romance shoujo terbaik dengan rating yang cukup tinggi. Digarap oleh TMS Entertainment sama dengan Fruits Basket 2019, kisah ini mengangkat seorang gadis bernama Nanami Momozono yang menjadi Tunawisma dan hutang ayahnya yang sangat besar.

Suatu hari, Nanami diberikan oleh tawaran orang misterius untuk menginap di rumahnya. Namun tanpa ia sadari, ternyata rumahnya adalah kuil dan Nanami diangkat menjadi Dewa di kuil tersebut untuk menggantikan Dewa yang ingin bersantai dan liburan.

Kamisama Hajimemashita memiliki kemiripan dengan Fruits Basket, di mana kedua anime bertemakan supernatural dengan plot cerita seorang gadis tunawisma sampai akhirnya ditolong oleh laki-laki dan diizinkan untuk tinggal dirumahnya.

Kamisama Hajimemashita sangat cocok bagi kalian yang penggemar anime shoujo romantis.

2. Ouran Koukou Host Club (Ouran High School Host Club)

Ouran Koukou Host Club

Ouran Koukou Host Club merupakan anime shoujo harem garapan Studio Bones, tayang pada Spring 2006. Berlatar di SMA Ouran, sekolah di mana para anak sultan menempuh pendidikan. Berfokus pada Haruhi Fujioka, rakyat biasa yang diterima sekolah disana berkat beasiswa yang dia terima.

Walaupun hidup berdampingan dengan murid-murid kaya, Haruhi ingin menghindari semua kemewahan dan mendedikasikan dirinya belajar demi menggapai cita-citanya, yaitu menjadi seorang pengacara.

Namun, ketika Haruhi mencari tempat yang tenang untuk belajar, dia tanpa sengaja masuk ke ruangan klub Host. Karena panik, Haruhi tanpa sengaja memecahkan vas bunga yang harganya setara dengan 2 miliar rupiah.

Untuk membayar ganti rugi, pihak klub menuntut Haruhi untuk bergabung ke dalam klub. Masalahnya, anggota klub yang diisi para lelaki tidak menyadari bahwa Haruhi adalah seorang perempuan.

Seperti Fruits Basket, anime Ouran Koukou Host Club juga diadaptasi dari manga shoujo klasik, berfokus pada gadis yang dikelilingi para lelaki.

Hal yang membedakan, Fruits Basket lebih kearah cinta segitiga, sementara Ouran Koukou Host Club berfokus pada harem.

3. Kobato.

Kobato.

Menceritakan tentang Hanato Kobato, seorang gadis cantik yang datang ke Bumi dalam sebuah misi untuk mengumpulkan botol dan mengisinya dengan "konpeito", di mana muncul ketika berhasil menyembuhkan hati seseorang yang sedang menderita.

Kobato sangat cocok untuk menjalankan misi tersebut karena ketulusan hatinya dalam membantu orang lain memberinya cinta dan kekaguman pada setiap orang yang ditemuinya. Namun, dia tidak diperkenankan untuk jatuh cinta pada orang yang dia tolong.

Kobato mirip dengan Tohru, keduanya adalah gadis yang manis, baik hati, dan disukai oleh banyak orang. Mereka pada awalnya kurang memahami tentang arti cinta, namun semua itu berubah setelah bertemu dengan karakter utama laki-laki.

4. Special A (S.A)

Special A

Special A bercerita tentang seorang laki-laki bernama Hikari Hanazono yang selalu kalah dari Kei Takishima. Ketika mereka berusia enam tahun, orang tua mereka yang pro-gulat mengenalkan mereka satu sama lain.

Beranggapan bahwa  dia adalah yang terbaik dalam gulat, Hikari menantang Kei untuk bertanding gulat dan selalu berakhir dengan kekalahan.

Sejak kejadian itu, Hikaru bertekad untuk mengalahkan Kei dalam segala bidang di sekolah menengah. Dia mendaftarkan diri di sekolah yang sama dengan Kei, yang biaya gedungnya sangat mahal.

Kemiripan Special A dengan Fruits Basket adalah kedua anime bertemakan shoujo romance comedy dengan drama kecil dan tentu saja, melibatkan latar sekolah. Bedanya, Special A kebanyakan terjadi di sekolah, sementara Fruits Basket di rumah. 

Selain itu, Hikari mirip dengan Tohru, di mana keduanya terus-menerus berusaha membuat orang lain bahagia.

5. Gakuen Alice

Gakuen Alice

Salah satu anime shoujo lawas, protagonis dari Gakuen Alice  Mikan Sakura; gadis yang optimis, energik, dan manis. Sifatnya berbanding terbalik dengan sahabatnya, Hotaru Imai yang penyendiri, berhati dingin, tapi sangat cerdas.

Terlepas perbedaan sifat, keduanya telah menjadi teman baik sejak lama. Suatu hari, Hotaru tiba-tiba dipindahkan ke Akademi Alice, Mikan menjadi sangat terkejut, terutama ketika dia mendengar mengenai rumor mengerikan tentang perlakukan keras para siswa di akedemi tersebut.

Karena khawatir dengan sahabatnya, Mikan ikut mendaftar di sana juga. Namun, Mikan menyadari bahwa Akademi Alice dipenuhi oleh murid-murid yang memiliki kekuatan supernatural.

Seperti Fruits Basket, anime Gakuen Alice dipenuhi dengan unsur magic, drama, dan romance didalamnya. Kedua anime dimulai dengan karakter utama perempuan polos yang memasuki dunia yang belum pernah ia bayangkan sebelumnya.

6. Etotama

Etotama

Jika kalian suka Fruits Basket dari segi zodiak cina, maka anime Etotama menjadi pilihan yang tepat. Bercerita tentang Takeru Amato yang pindah ke apartemen barunya di Akihabara.

Ada beberapa hal yang tidak boleh dilakukan di apatermen tersebut, namun Takeru mengabaikannnya, sampai akhirnya lubang penghubung antara dunia manusia dengan dunia dewa muncul di apartemen tersebut.

Konsep yang sama dengan zodiak cina, yang membedakan hanyalah protagonisnya. Di mana Fruits Basket adalah perempuan, sementara Etotama adalah laki-laki. Etotama lebih berfokus ke komedi dengan menampilkan karakter loli yang imut-imut.

7. Skip Beat!

Skip Beat!

Daftar anime yang mirip Fruits Basket terakhir adalah Skip Beat. Bercerita pada protagonis yang bernama Kyoko, seorang gadis 16 tahun yang sangat ceria namun sedikit naif. Dia pindah ke kota dan bekerja keras mendukung karir dan impian teman masa kecilnya, Shoutarou Fuwa yang popularitasnya saat itu sedang naik daun.

Suatu hari, Kyoto menyadari bahwa usahanya yang tidak kenal lelah tidak dianggap oleh Shou. Malahan, Shou melihat Kyoto tidak lebih dari seorang pelayan.

Perasaan marah dan sedih bercampur aduk, Kyoto bersumpah akan membalas dendam dan memasuki dunia hiburan yang penuh tantangan yang mendorongnya keluar dari zona nyaman.

Skip Beat adalah salah satu anime yang diadaptasi dari manga shoujo terlaris di masanya. Hal yang membuat mirip dengan Fruits Basket adalah keduanya memiliki karakter utama perempuan yang pekerja keras dan kurang peka terhadap perasaan orang lain.

Itu dia ketujuh anime yang mirip dengan Fruits Basket yang patut kalian tonton. Apakah kalian punya rekomendasi lainnya? beritahu kami dibawah.

Hamano
Hamano Anime & Tokusatsu Enthusiast