Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

7 Alasan Kenapa Haruno Sakura Dianggap Beban oleh Fans Naruto

Kenapa Sakura dianggap beban?

Kompasanime.com - Haruno Sakura, siapa yang tidak mengenal karakter cewek yang satu ini. Dia adalah salah satu member dari Tim 7 yang dipimpin oleh Kakashi Hatake di seri Naruto. Di sepanjang cerita, pengembangan karakter dari Sakura sangatlah baik bahkan beberapa arc, Sakura menjadi peran penting.

Mulai dari ikut andil dalam penyelamatan Kazekage Gaara, membantu para shinobi selama perang dunia ninja ke-4, hingga berperan penting dalam proses penyegelan Kaguya.

Namun, entah kenapa Sakura masih tidak disukai atau bahkan dibenci oleh para penggemar Naruto. Banyak yang menganggap karakter sakura itu useless, beban, dan tidak lebih sebagai pelengkap saja.

Setelah kami telusuri, kami menemukan beberapa alasan yang menjadi patokan kenapa Sakura dianggap beban. Apa saja itu? berikut penjelasannya!

1. Sakura tidak berkarakter diawal cerita

Sakura, Sasuke, Naruto

Ini terjadi ketika Naruto versi kecil, di mana para kunoichi diperkenalkan memiliki ciri khas masing-masing. Contohnya Hinata yang  pemalu dan memiliki doujutsu Byakugan, dan Tenten yang walaupun tidak pandai chakra namun ahli dalam persenjataan.

Hal ini berbanding kebalik dengan Sakura. Diawal cerita, Sakura tidak memiliki karakteristik yang spesial, kecuali Inner Sakura . Awalnya, banyak yang mengira Inner Sakura adalah salah satu jutsu spesial yang hanya dimiliki oleh Sakura saja.

Namun, ternyata tidak. Inner Sakura tidak lebih hanyalah perwujudan dari emosi Sakura. Selain itu, Ino juga memiliki inner juga.

2. Sakura terlalu terobsesi dengan Sasuke

Sakura terlalu terobsesi dengan Sasuke

Di awal Naruto versi kecil,  Sakura sudah diperkenalkan menjadi karakter yang sangat tergila-gila dengan Uchiha Sasuke. Di setiap bagian yang menampilkan Sakura, pasti tidak jauh Sasuke walaupun terkadang hanya bayangan.

Bahkan ketika Sasuke berniat meninggalkan desa untuk mendapat kekuatan Orochimaru, Sakura pernah berencana mengkhianati desa demi bisa bersamanya.

3. Sakura rela menghancurkan persahabatan hanya demi Cowok

Sakura rela menghancurkan persahabatan hanya demi Cowok

Masih di Naruto versi kecil, kita tahu bahwa Ino dan Sakura sudah menjalin persahbatan sejak kecil. Namun, Sakura rela memutus rantai persahabatan dengan Ino hanya demi seorang cowok. Siapa lagi kalau bukan Sasuke.

Bahkan ketika Ujian Chuunin saat duel Ino vs Sakura. Kita diperlihatkan flashback mengenai Ino yang sangat peduli dengan Sakura.

Ino jugalah yang membawa Sakura keluar dari lingkaran kesendirian. Namun, apa balasannya? Sakura malahan membalas ikatan persahabatan tersebut dengan menganggap kalau Ino hanyalah seorang rival cinta baginya.

Di sini, bisa dilihat kalau Sakura tidak peduli dengan perasaan sahabatnya bahkan rela menikung hanya demi mengejar cowok yang dicintainya.

Selain dengan Ino, Sakura juga pernah menikung Hinata. Kita semua tahu bahwa Sakura menyadari bahwa Hinata jatuh cinta dengan Naruto ketika menyembuhkannya dari serangan pain.

Namun, bukannya peduli perasaan Hinata, Sakura tiba-tiba mengungkapkan perasaan cintanya kepada Naruto saat Arc Pertemuan lima kage. Kita juga tahu, kalau perasaan tersebut hanyalah bohongan, karena hati Sakura hanya ada Sasuke.

4. Sakura suka memaksa

Sakura meminta Naruto membawa Sakura Kembali

Bermula ketika Sasuke kecil meninggalkan desa untuk memperoleh kekuatan dari Orochimaru. Saat itu, Sakura menjadi lemas dan terus menerus meminta tolong pada Naruto untuk membawa Sasuke Kembali.

Beruntung Naruto peduli dengan perasaan Sakura dan meminta izin kepada Hokage Ke-5 untuk membentuk tim pengejaran Sasuke. Walaupun saat itu Naruto masih memendam rasa cintanya pada Sakura.

5. Sakura menjadi karakter lemah jika tidak ada Tsunade

Tsunade dan Sakura

Ketika sampai Arc pengejaran Sasuke berakhir, Sakura masih belum memiliki hal yang spesial, sehingga bisa dikatakan masih dibawah Naruto dan Sasuke, bahkan dengan genin sepantarannya.

Masashi Kishimoto tentunya menyadari hal tersebut, oleh karena itulah Sakura belajar ninjutsu medis dengan Tsunade dengan harapan dapat menyusul ketertinggalan.

6. Sakura suka menangis

Sakura menangis

Kita semua tahu kalau di sepanjang seri naruto berjalan, Sakura selalu diperlihatkan menangis, mulai dari opening, ending, hingga di beberapa episode.

Alasan Sakura menangis pun adalah karena dirinya lemah, dan sikap penyesalan karena tidak bisa membawa kembali Sasuke.

Ini juga menjadi penyebab poin pertama muncul. Di mana Sakura terlihat tidak memiliki tujuan hidup dan mengantungkan hidupnya demi Sasuke.

7. Sakura menjadi beban Tim 7

Sakura menyerang Madara

Ini terjadi ketika masih kecil. Meskipun Sakura ditampilkan unggul dalam kepintaran, dalam hal jutsu dan persenjataan dirinya masih dibawah kunoichi lainnya. Karena itulah Sakura dalam kerja sama tim 7 kurang berkontribusi banyak. Beruntungnya Sakura akhirnya berguru dengan Tsunade dan sekarang menjadi spesalis dalam ninjutsu medis.

Namun, lagi-lagi dalam tim 7, Sakura diperlihatkan tidak bisa kontribusi banyak. Karena Naruto dan Sasuke telah berada di tingkatan yang berbeda. Kemampuan penyembuhan Sakura pun kurang begitu berguna, karena Naruto bisa menyembuhkan lukanya sendiri berkat chakra Kurama.

Saat pertarungan melawan Kaguya, Sakura memukul Kaguya seakan-akan hanya untuk terlihat berkontribusi dalam cerita, sebab saat itu yang hanya selamat dari Mugen Tsukoyomi hanyalah anggota Tim 7.

Kalau dilihat tanpa Sakura memukul,  Kaguya sudah dalam posisi terpojok dan siap disegel oleh Naruto dan Sasuke.

Nah, itulah ketujuh alasan kenapa Sakura selalu dianggap tidak berguna di mata para penggemar Naruto yang berhasil kami kumpulkan.

Menurut kami, Sakura memilki kelebihan dan kekurangan. Namun, karena kurangnya perhatian dalam perkembangan dan kebanyakan ditampilkan bersikap kasar pada Naruto, mungkin itu penyebab Sakura menjadi karakter yang kurang disukai.

Apakah kalian punya pandangan lain? beri tahu kami dibawah.

Hamano
Hamano Hi, Nama saya Hamano dan saya salah satu penulis di Kompasanime. Salam kenal semuanya :)