Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

8 Anime Mirip Kimi no Suizou wo Tabetai (I Want to Eat Your Pancreas) Terbaik

Kimi no Suizou wo Tabetai atau I Want to Eat Your Pancreas adalah salah satu anime movie romance yang tayang perdana di Jepang pada pada bulan Desember 2018 lalu. Di adaptasi dari novel ringan karangan Yoru Sumino, Anime ini bercerita tentang seorang pria anti-sosial, Haruki Shiga, tanpa sengaja menemukan sebuah diary di rumah sakit. Diary tersebut ternyata milik teman sekelasnya, Sakura Yamuchi.

Haruki sempat membaca diary tersebut dan mengetahui bahwa Sakura saat ini mengidap penyakit serius di pankreas-nya. Umurnya tersisa beberapa bulan lagi. Sakura mengatakan padanya, bahwa selain keluarganya, Haruki adalah satu-satunya orang yang mengetahui kondisinya. Haruki berjanji akan menjaga rahasia tersebut, dan bersedia menemani Sakura menjelang akhir hidupnya.

Dari sinopsis-nya, sudah terpampang jelas bahwa Film anime ini akan berakhir dengan menyedihkan. Dan ya, sehari setelah penanyangan, berbagai penggemar anime di seluruh dunia mulai berdiskusi di grup masing-masing. Bahkan yang belum menonton maupun membaca novelnya, menjadi ter-spoiler dan penasaraan dengan penyebab kematian Sakura.

Oh ya, Kimi no Suizou wo Tabetai juga mendapat adaptasi live action dengan judul serupa. Bagi kalian belum nonton, silahkan tonton dulu, saya jamin tidak kalah bapernya!

Jika kalian termasuk salah satu orang yang suka anime ini, berikut Kompasanime berikan 8 rekomendasi anime yang mirip dengan Kimi no Suizou wo Tabetai yang bisa kalian tonton. Tentunya dengan kualitas cerita yang tidak kalah menarik.


1. Shigatsu wa Kimi no Uso (Your Lie in April)

Salah satu anime tersedih, Shigatsu wa Kimi no Uso berfokus pada  Kousei Arima, seorang anak yang sangat berbakat dalam bermain piano. Dia telah memenangkan banyak perlombaan dan dikenal banyak orang sebagai pianis cilik terbaik. Namun, ketika ibunya meninggal dunia, mental Kousei menurun drastis, membuatnya tidak bisa mendengar suara pianonya sendiri. Walaupun sebenarnya indra pendengaran Arima dalam keadaan sehat wal afiat.

Dua tahun telah berlalu, Kousei masih menghindari piano dan menjalani kehidupan yang tidak berwarna bersama sahabatnya, Tsubaki Sawabe dan Ryouta Watari, hingga suatu dia bertemu seseorang yang mengubah hidupnya, Kaori Miyazono.

Sama seperti Kimi no Suizou wa Tabetai, Shigatsu wa Kimi no Uso memiliki dinamika utama yang sama. Kedua anime mengawali cerita penuh warna dan ditutup dengan kesedihan, tentunya membuat penonton menjadi baper akan kisah mereka.

2. Koe no Katachi (A Silent Voice)

Koe no Katachi mengikuti kisah Shoya Ishida, seorang laki-laki yang dulunya memiliki banyak teman hingga akhirnya mengalami penolakan sosialdijauhi teman-temannyakarena suatu insiden yang terjadi di masa SD. Shoko Nishimiya, teman sekolahnya di SD memiliki gangguan pendengaran dan terus-menerus diganggu oleh Ishida dan teman-temannya. Ketika masuk SMA, Ishida menyesal atas perilaku yang dirinya lakukan kepada Nishimiya dan mencoba meluruskan hal tersebut dengan berteman dengannya.

Kemiripan Koe no Katachi dengan Kimi no Suizou wa Tabetai terletak di tokoh utama perempuan, Nishimiya dan Sakura. Mereka berdua mengubah kehidupan tokoh utama pria yang awalnya anti-sosial menjadi lebih terbuka dan kembali menjalin pertemanan dengan banyak orang. Kedua Film anime ini membuat kalian baper dan mengubah pandangan kalian tentang kehidupan. So, pastikan untuk menonton Koe no Katachi.

3. Tsuki ga Kirei (As The Moon, So Beautiful)

Tsuki ga Kirei berfokus pada kisah cinta duang remaja SMA di tahun terakhirnya, Kotarou Azumi dan Akane Mizuno. Walaupun berada di SMP yang sama, Kotarou dan Akane tidak saling kenal sebelumnya karena perbedaan kelas. Kemudian di kelas tiga, mereka akhirnya masuk di kelas yang sama, dan dari sana kisah cinta mereka dimulai.

Baik Tsuki ga Kirei dan Kimi no Suizou wa Tabetai, keduanya menampilkan alur cerita dengan makna yang mendalam dan menyentuhemosional. Hubungan romantis dari para karakter-nya juga sangat manis. Pokoknya Recommended lah untuk kalian tonton.

4. Kimi no Na wa. (Your Name.)

Salah anime terpopuler dari Makoto Shinkai, Kimi no Na wa atau Your Name menceritakan tentang kisah cinta Mitsuha Miyamizu dan Taki Tachibana. Mitsuha adalah seorang gadis desa yang tinggal di kota Itomori. Merasa bosan tinggal di pedesaan, Mitsuba ingin menjalani kehidupan seorang laki-laki di kota Tokyo yang ramai. Sementara itu di kota, Taki Tachibana adalah seorang laki-laki yang menjalani kehidupan yang sangat sibuk sebagai siswa sekolah sambil bekerja di restoran.

Suatu hari, Mereka berdua tukar tubuh. Mitsuha harus menjalani kegiatan yang dia impikan sebelumnya sebagai Taki. Sedangkan Taki harus menjalani kehidupan sebagai Mitsuha di desa.

Kedua Film anime ini sama-sama menceritakan kisah cinta yang manis dengan alur cerita dan berbagai momen yang menguras air mati. Meskipun plot dan konflik sedikit berbeda, namun saya menjami kalau kalian pasti suka dengan anime ini.

5. Hanbun no Tsuki ga Noboru Sora (Looking Up At The Half-Moon)

Hanbun no Tsuki ga Noboru Sora juga salah satu anime drama dan romance yang bikin baper. Bercerita tentang Ezaki Yuuichi, seorang anak laki-laki yang di vonis terkena penyakit Hepatitis A. Ini yang mengakibatkan dirinya kehilangan teman-temannya dan dijauhi oleh keluarganya. Hal yang paling menyakitkan adalah dirinya harus hidup sendirian di rumah sakit. Karena bosan dirinya nekat kabur dari rumah sakit, namun langsung ketahuan oleh pihak rumah sakit.

Suatu hari, Ezaki bertemu dengan Rika dan langsung jatuh cinta pada pandagan pertama. Terpesona dengan kecantikannya. Rika adalah gadis yang sangat egois, namun Ezaki demi sedikit mulai tertarik padanya. Ternyata Rika alasan menjadi egois adalah karena penyakit yang diderita dan sebentar lagi meninggal dunia.

Dari sinopsisnya, kalian sudah tahu kalau anime ini sangat mirip dengan Kimi no Suizou wa Tabetai. Kedua anime berfokus pada karakter yang menderita suatu penyakit dan umur mereka tidak lama lagi berakhir. Keduanya juga mengajarkan pada kita untuk menghargai waktu yang tersisi bersama orang yang disayangi.

6. Hyouka

Hyouka menceritakan tentang seorang siswa bernama Houtarou Orekikarakter gua banget, dia memegang prinsip tidak ingin membuang tenaga dan lebih memilih menjauhi masalahdalam artian malas. Meskipun begitu, Oreki sangat pintar dan teliti dalam menyelesaikan suatu masalah.

Suatu hari, dia dipaksa bergabung ke klub sastra klasik oleh kakaknya. Kebetulan kakaknya adalah mantan anggota klub tersebut. Alasan kakaknya memaksa dia masuk adalah untuk mempertahankan klub tersebut agar tetap ada. Beberapa waktu kemudian, muncul gadis bernama Chitanda Eru yang berminat gabung ke klub, diikuti oleh 2 murid lainnya, Satoshi Fukube dan Mayaka Ibara.

Walaupun tidak bertemakan karakter yang mengidap penyakit, namun kedua anime memiliki karakter utama yang mirip. Oreki dan Haruki sama-sama anak laki-laki sinis yang anti-sosial sampai akhirnya bertemu dengan seorang gadis yang ceria. Dari sana, mereka belajar bahwa hidup itu lebih dari menjalani aktivitas setiap hari.

7. 3D Kanojo: Real Girl

Hikari Tsutsui adalah seorang remaja yang anti-sosial, canggung, dan selalu menghabiskan waktunya untuk bermain game dan menonton anime. Ini yang membuat dia selalu diasingkan oleh teman kelasnya. Tsutsui hanya memiliki satu teman, Yuuto Itou, yang suka memakai telinga kucing dan memiliki hobi yang sama dengannya.

Suatu hari, Tsutsui terlambat sekolah dan dihukum dengan membersihkan kolam renang. Di sana, dia bertemu dengan Iroha Igarashi, salah siswi di sana, yang dijauhi oleh teman-temannya karena lebih terkenal. Tsutsui berusaha menjauhi Iroha, karena dia percaya bahwa terlibat dengannya akan membawa masalah.

Kemiripan 3D Kanojo Real Girl dengan Kimi no Suizou wo Tabetai adalah kedua seri menampilkan laki-laki yang tidak pandai dalam bersosial dan berhubungan dengan gadis yang sangat populer. Mereka kemudian menjalani kehidupan bersama, berbagi sedikit waktu yang mereka miliki untuk menghabiskan masa muda sepenuhnyasebelum waktu tiba.

8. Angel Beats!

Berdasarkan karya orisinil yang ditulis oleh Jun Maeda, Angel Beats menceritakan ketika Otonashi Yuzuru terbangun dan menyadari bahwa dirinya telah meninggal. Seorang gadis bernama Nakamura Yuri memberitahunya bahwa sekarang dia berada di sebuah kehidupan setelah kematian dan Yuzuru hanya mengingat namanya. Yuri memberitahunya bahwa dia adalah pemimpin dari SSS (Shinda Sekai Sensen), sebuah organisasi dengan tujuan mengalahkan malaikat bernama  Tachibana Kanade.

Kemiripan Angel Beats dengan Kimi no Suizou wo Tabetai adalah keduanya berfokus pada kematian, hal-hal yang tidak terduga, dan tidak terucapkan. Dan Bagaimana semua hal tersebut dapat berubah yang awalnya bahagia menjadi sedih pada titik puncaknya.

Itulah 8 rekomendasi anime yang mirip Kimi no Suizou wo Tabetai yang harus kalian tonton. Apakah kalian punya rekomendasi lainnya?

Hamano
Hamano Anime & Tokusatsu Enthusiast