Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

10 Anime Mirip Solo Leveling Terbaik

Daftar anime yang mirip Solo Leveling Versi Kompasanime

Solo Leveling atau Na Honjaman Level-up adalah Manhwa atau Komik Korea Selatan terkenal yang sangat ramai diperbicangkan oleh para penggemar, termasuk di Indonesia sendiri. Di adaptasi dari Web Novel karangan Chu-Gong, Solo Leveling berfokus pada karakter utama bernama Sung Jin-Woo. Pada awalnya dia adalah seorang Hunter peringkat E-Rank dan terlemah di antara semua Hunter, sampai akhirnya dia berkembang dan menjadi Hunter terkuat.

Saat artikel ini dibuat, masih belum ada informasi yang valid mengenai kapan Solo Leveling mendapat adaptasi anime. Beberapa penggemar menjelaskan bahwa ada beberapa hal di dalam cerita Solo Leveling yang mengakibatkan kesulitan mendapat lirikan dari studio animasi, terutama dari studio jepang.

Sambil menunggu, tidak ada salahnya membaca atau menonton seri lain yang mirip dengan Solo Leveling.

Kali ini Kompasanime memberikan rekomendasi anime apa aja yang mirip dengan Solo Leveling yang bisa kalian tonton. Ada tujuh daftar yang kami siapkan. Penasaran? Yuk simak!


1. Tensei shitara Slime Datta Ken (That Time I Got Reincarnated as a Slime)

Anime pertama yang memiliki kemiripan dengan Solo Leveling adalah Tensei shitara Slime Datta Ken atau biasa dikenal TenSura. Bercerita tentang Mikami Satoru, seorang pegawai yang meninggal dunia saat perjalanan pulang dari Kantor. Namun bukannya ke dunia setelah kematian, dia justru bereinkarnasi di dunia paralel sebagai Slime. Pada awalnya Satoru dianggap slime biasa, namun ternyata tidak, dalam perjalanan dirinya memperoleh berbgaai kekuatan menjadi makhluk terkuat di dunia tersebut.

Sung Jin-Woo dan Satoru keduanya di awal cerita tampil sebagai karakter yang lemah dan tidak berguna. Namun seiring berjalannya cerita, mereka berdua tumbuh membangkitkan berbagai kekuatan super sehingga menjadi entitas terkuat di dunianya.

2. Kami no Tou (Tower of God)

Tower of God berfokus pada Bam Ke-25 atau Yoru, seorang anak laki-laki yang menghabiskan sebagian besar hidupnya di bawah Menara sampai seorang gadis bernama Rachel menemukan dirinya. Rachel mengajarkan banyak hal kepada Bam, mulai dari membaca, sikap, dan cara bersosialisasi dengan orang lain.

Suatu hari, tiba-tiba Rachel meninggalkan Bam untuk menaiki menara dengan tujuan untuk melihat bintang. Karena tidak ingin tinggal sendirian, Bam memutuskan untuk ikut menaiki dan bertemu kembali dengan Rachel.

Sama seperti Solo Leveling, Tower of God juga komik yang berasal dari Korea Selatan. Bedanya, Tower of God dipublikasikan di LINE Webtoon sementara Solo Leveling dirilis di KakaoPage.

Bam dan Sung Jin-Woo memiliki kemiripan di mana keduanya adalah karakter lemah dan selalu diremehkan. Namun seiring berjalannya waktu mereka mendapatkan berbagai kekuatan dan dengan cepat menjadikan mereka sebagai karakter yang overpower.

3. Dungeon ni Deai wo Motomeru no wa Machigatteiru Darou ka (Is It Wrong to Try to Pick Up Girls in a Dungeon?)

Dungeon ni Deai wo Motomeru no wa Machigatteiru Darou ka atau Danmachi berfokus pada Bell Cranel, seorang petualang pemula yang memiliki impian menjadi terhebat di seluruh negeri. Setelah pertemuan dengan Dewi Hestia, Bell merasa bahwa impiannya sedikit lagi menjadi kenyataan. Dengan dukungan Hestia, Bell memulai petualangannya menjelajahi dungeon yang dipenuhi monster yang berbahaya.

Kemiripan Danmachi dengan Solo Leveling adalah kedua anime melibatkan dungeon sebagai plot cerita. Karakter Bell juga mirip dengan Sung Jin-Woo, dia di awal cerita tidak pandai dalam bertarung dan memiliki kekuatan yang kecil. Hingga akhirnya terungkap potensi yang mengakibatkan Bell menjadi semakin kuat seiring waktu berjalan.

4. Arifureta Shokugyou de Sekai Saikyou (Arifureta: From Commonplace to World's Strongest)

Hajime Nagumo adalah seorang siswa sekaligus otaku berat. Suatu hari, Ia dan seluruh teman-teman sekelasnya dikirim ke dunia fantasi. Di dunia baru, mereka diberikan kekuatan dengan tujuan untuk menyelamatkan dunia. Tetapi, Hajime hanya diberikan satu kemampuan saja, membuatnya jadi bahan rundungan oleh yang lain.

Arifureta Shokugyou de Sekai Saikyou dan Solo Leveling sama-sama memiliki karakter utama yang di awal cerita mengalami kejadian yang mengerikan, sampai pada akhirnya mereka mendapatkan kekuatan dan mengalami perubahan kepribadian. Mungkin yang membedakan, Nagumo jauh lebih drastis perubahan sifatnya dibanding Sung Jin-Woo karena batinnya lebih tersiksa.

5. Mushoku Tensei: Isekai Ittara Honki Dasu (Mushoku Tensei: Jobless Reincarnation)

Adaptasi dari light novel populer karya Rifujin na Magonote, anime Mushoku Tensei: Isekai Ittara Honki Dasu mengikuti kehidupan seorang laki-laki NEET yang meninggal dunia setelah terabrak truk karena berusaha menyelamatkan orang. Lelaki tersebut kemudian terlahir kembali sebagai bayi dengan nama Rudeus Greyrat di dunia fantasi.

Masih membawa ingatan kehidupan sebelumnya, Rudeus menikmati kehidupan barunya dan berjanji tidak akan melakukan kesalahan seperti yang pernah dia lakukan di masa lalu. Ditambah, Rudeus terlahir memiliki kapasitas sihir dan mana yang sangat besar.

Kemiripan Mushoku Tensei dengan Solo Leveling adalah keduanya bertemakan zero to hero di mana karakter utama memiliki kapasitas sihir dan mana yang besar. Mungkin yang membedakan, Mushoku Tensei mengusung tema isekai dengan MC yang terlempar ke dunia paralel, sementara Solo Leveling tidak.

6. Hunter x Hunter (2011)

Hunter x Hunter merupakan manga atau anime shounen yang di tulis oleh Yoshihiro Togashi. Bercerita tentang Gon Freecs, seorang bocah yang bergabung ke Asosiasi Hunter untuk berpetualan sekaligus mencari Ayahnya yang menghilang ketika menjadi Hunter. Untuk menjadi Hunter, Gon harus mengikuti ujian Hunter terlebih dahulu.

Sama seperti Solo Leveling, protagonis di Hunter x Hunter bergabung dengan Asosiasi Hunter untuk menjadi Hunter dan melawan berbagai hal yang mengancam umat manusia. Keduanya digambarkan memiliki potensi yang luar biasa.

Hunter x Hunter ada satu Arc di mana melibatkan semut yang mengalami perkembangan yang berbahaya, mirip sekali dengan Arc Pulau Jeju di Solo Leveling.

7. Log Horizon

Berdasarkan Light Novel karya Mamare Touno, Log Horizon berlatar di game MMORPG bernama Elder Tale, game terpopuler di masa itu dengan jutaan player di seluruh dunia yang telah bergabung. Suatu hari ketika update ke-12, 30.000 player yang saat itu sedang log-in tiba-tiba terkirim ke dalam game tersebut dan tidak bisa log-out. Di sana, mereka menggunakan avatar game mereka sendiri.

Shirou, salah satu pemain veteran yang juga ikut terkirim kebingungan tentang fenomena ini dan berusaha mengontak teman-temannya untuk mencari informasi lebih jauh. Bersama dengan teman-temannya, sekarang dia harus berpetualang untuk mencari tahu penyebab fenomena aneh ini terjadi.

Walaupun dalam hal kekuatan Shiroe kalah dengan Sung Jin-Woo, namun ia sangat cerdas dan penuh strategi dalam pertarungan. Tak mengherankan bila Shiroe adalah kunci utama dalam keberhasilan misi raid.

8. Kumo desu ga, Nani ka? (So I'm a Spider, So What?)

Anime Kumo desu ga, Nani ka? berlatar di dunia lain di mana Pahlawan dan Raja Iblis saling berperang. Efek perang tersebut mengakibatkan salah satu sihir terlempar ke bumi dan meledakkan ruang kelas dari sebuah sekolah menengah.

Para murid yang tewas dari ledakan tersebut bereinkarnasi di dunia berbeda, hanya saja salah satu siswi yang memiliki reputasi terendah di kelas terlahir kembali menjadi seekor laba-laba. Dirinya pun harus bisa bertahan hidup di dunia baru.

Solo Leveling dan Kumo desu ga, Nani ka? menampilkan karakter utama yang awalnya lemah namun bisa melakukan level-up untuk menambah kekuatan dan dengan cepat mereka menjadi karakter overpower. Kedua anime juga menampilkan adegan pertarungan yang hype abis.

9. Hai to Gensou no Grimgar (Grimgar of Fantasy and Ash)

Memiliki visual grafis yang indah, Hai to Gensou no Grimgar berfokus pada sekelompok orang yang bangun di dunia fantasi Grimgar tanpa mengingat apapun selain nama mereka sendiri.

Agar bisa bertahan hidup, mereka dipaksa membentuk sebuah party dan bergabung di Pasukan Cadangan, bertugas untuk menghilangkan segala hal yang mengancam perdamaian di dunia tersebut.

Jika kalian menyukai Solo Leveling bukan karakter utama yang overpower, melainkan cerita petualangan dan tempat baru, maka Hai to Gensou no Grimgar bisa menjadi pilihan. Hai to Gensou no Grimgar menampilkan karakter utama dan timnya menjelajahi tempat baru dan mengalahkan monster yang menyerang mereka.

10. Death March kara Hajimaru Isekai Kyousoukyoku (Death March to the Parallel World Rhapsody)

Suzuki Ichirou, seorang programmer yang bekerja di suatu perusahaan game. Saat ini, ia harus menyelesaikan deadline untuk menyelesaikan proyek game beserta bug yang terjadi pada game yang sedang dikembangkan. Setelah selesai akhirnya Suzuki bisa tidur dengan pulas.

Ketika dirinya terbangun, Suzuki menyadari bahwa dirinya saat ini berada di sebuah dunia yang berbeda dengan fitur-fitur layaknya sebuah game. Awalnya ia menganggap bahwa ini masih sebuah mimpi. Namun semakin lama Suzuki mulai curiga karena tombol log-out ataupun save tidak dapat digunakan, ditambah dirinya sekarang memiliki statistik dan level yang tinggi melebihi player pada umumnya.

Death March kara Hajimaru Isekai Kyousoukyoku dan Solo Leveling keduanya memiliki protagonis utama yang overpower dan menjelajahi tempat baru di dunia mereka. Mungkin yang membedakan adalah Death March kara Hajimaru Isekai Kyousoukyoku lebih mengedepakan unsur harem, sementara Solo Leveling lebih ke action.

Itulah anime yang memiliki kesamaan dengan Solo Leveling, mulai dari karakter utama yang overpower, petualangan ke dungeon, hingga guild petualang/hunter.

Hamano
Hamano Anime & Tokusatsu Enthusiast